11 Mei 2021

Sandiaga Uno Kunjungi Dekranasda Batam

2 min read

Sandiaga Uno Kunjungi Dekranasda Batam

 

 

DISPERINDAG BATAM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam, Jumat (22/1/2021). Dalam kunjungannya itu, Menteri didampingi Ketua Dekranasda Batam, Marlin Agustina Rudi, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam, Gustian Riau, dan sejumlah pejabat lain.

 

Sandiaga tampak semringah saat menapakkan kaki di kantor yang berlokasi di Batam Centre tersebut. Dengan mengenakan batik asli Batam dengan motif sirih junjung, warna biru muda, Menparekraf optimistis hasil kerajinan khas Batam mampu bersaing, salah satunya melalui Batik Batam.

 

“Ini (Batik Batam) layak kita kemas sebagai produk unggulan,” kata Sandiaga.

 

Pihaknya yakin dengan produk yang dihasilkan pengrajin lokal, Batik Batam bisa masuk pasar ekspor. Ia mengaku akan mendukung penuh pengembangan Batik Batam tersebut. Pada kesempatan itu, Sandiaga juga memberikan apresiasi atas peran dan komitmen Dekranasda Kota Batam mengakomodir serta melakukan pembinaan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Kemenparekraf sedang menyiapkan program beli kreatif lokal. Mudah-mudahan program ini juga bisa menjadi tempat untuk pengembangan Batik Batam,” katanya.

 

Di lokasi sama, Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, mengatakan ada sekitar 20 pengrajin Batik Batam. Kemudian ada 16 hasil karya yang sudah memiliki hak intelektual. Marlin juga menyampaikan Dekranasda memiliki banyak binaan pelaku UMKM dan juga pelaku ekonomi kreatif di Batam. Tak hanya Batik Batam saja, juga ada pengrajin tenun, songket dan lainnya.

 

“Salah satu lokasinya ada di Pulau Ngenang, Nongsa,” katanya.

 

Di pulau itu, pihaknya membina penduduk setempat untuk membuat home stay agar wisatawan yang datang bisa menginap. Ia berharap, Kemenparekraf bisa terus mendukung. “Salah satu kendala kami adalah keterbatasan pendanaan dan promosi,” katanya.

 

Sementara itu, Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Sandiaga. Ia berharap, dengan datangnya Menparekraf tersebut menjadi angin segar demi kemajuan Dekranasda Batam.

 

“Semoga hasil kerajinan kita makin dikenal dan masyarakat ikut berbangga dengan hasil kerajinan khas Batam,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up